Senin, 24 Desember 2007

DAS Bakal Jadi Daerah Wisata

MANADO-Masyarakat Kota Tinutuan khususnya yang bertempat tinggal di daerah bantaran Sungai Tondano harus bersiap menghadapi perubahan. Tidak ada lagi yang menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Kenapa? Daerah DAS Tondano bakal difungsikan juga sebagai daerah wisata di Manado.
Hal ini diungkap Wali Kota Manado Drs Jimmy R Rogi pekan lalu. Kepada wartawan Imba menjelaskan, rencana penataannya tahun depan. "Daerah DAS akan ditata untuk nantinya menjadi salah satu kawasan wisata. Di bantaran sungai akan dibangun jalan. Dan rumah-rumah di pinggir DAS akan menghadap DAS semua," begitu ungkapnya.
Saat ini secara bertahap rencana tersebut direalisasikan. Pembangunan dimulai dari daerah Dendengan dan Kairagi. Untuk mencegah banjir akibat luapan air sungai, warga diminta jangan membuang sampah di sungai. "Masyarakat juga jangan sembarang membuang sampah di sungai. Waktu pengerukan lalu ditemukan ada kursi bahkan kasur di dalam sungai," katanya sambil menggeleng-gelengkan kepala. (gyp)

Tidak ada komentar: