Senin, 24 Desember 2007

Tujuh Rumah Terbakar, Penghuni Mengungsi ke Balai Desa

Tujuh Rumah Terbakar, Penghuni Mengungsi ke Balai Desa

TOMOHON—Delapan jam sebelum terminal domestik Bandara Polonia Medan terbakar, api mengamuk di Sulawesi
Utara tepatnya di kota Tomohon. Sebanyak tujuh rumah di kelurahan Kayawu, kecamatan Tomohon Utara terbakar, Sabtu (1/12) pukul 12.30 Wita. Lima rumah rata tanah, dua rumah hanya sebagian yang dilahap si jago merah.
Lima rumah yang ludes itu yakni milik keluarga Ibrahim Moningka keluarga Martinus Moningka, Wilhelmus Moningka, Frans Manoppo-Lasut dan Marthen Frits Timbuleng-Pangau. Dua rumah yang hanya terbakar sebagian, milik keluarga Moningka-Paat dan Marthen Moningka-Rorimpandey.
Informasi yang diperoleh di TKP, api semula berasal dari rumah beratap rumbia milik Ibrahim Moningka. Dengan cepat api menjalar ke rumah lain dan melahap rumah-rumah tersebut. ’’Kuat dugaan kebakaran terjadi karena ada arus pendek yang berasal dari rumah keluarga Ibrahim Moningka yang terbuat dari kayu beratap rumbia,” kata Kapolres Tomohon AKBP Drs Didi Hardi Sopandi yang diapit Kasatreskrim AKP Iwan Permadi SE, pekan lalu.
Menurut Sopandi, TKP sudah diamankan dan dipolice line bahkan aparat kepolisian tetap menyelidiki sebab muasal kebakaran. Penghuni rumah yang terbakar untuk saat ini sedang ditampung di Balai desa Kayawu.(old)

Perempuan Pelopori Tanam Pohon
TOMOHON—Wujud kepedulian dalam rangka menunjang Konferensi Climate Changes di Bali, Gubernur Sulut SH Sarundajang, Wali kota Tomohon Jefferson Montesque Rumajar SE didampingi ketua tim penggerak PKK kota Tomohon Jeanny Rumajar Montolalu SE, melakukan penanaman pohon dalam rangka gerakan menunjang Perempuan menanam dan memelihara pohon yang dipusatkan di desa Pangolombian kecamatan Tomohon Utara.
Kegiatan yang diikuti oleh tujuh organisasi wanita se Sulut seperti Dharma Wanita, PKK Dharma Pertiwi, Persit KCK, Bhayangkari, BKOW, dan ribuan wanita mendapat perhatian khusus dari masyarakat yang berdomisili di kawasan tersebut. ’’Lokasi yang menjadi target penanaman pohon adalah lahan di desa Pangolombian seluas 10 hektar,” ujar ketua tim penggerak PKK Jeanny Rumajar Montolalu SE.
Menurut Montolalu, target yang akan ditanam di kota Tomohon secara keseluruhan sebanyak 22 ribu pohon. Sebab perempuan juga harus peduli dengan ekosistem hutan. Usai gerakan penanaman pohon Gubernur Sulut SH Sarundajang menjadi Inspektur upacara dalam apel Jagawana.(old)

RAPBD 2008 Harus Disosialisasi
‘’Sebelum diajukan ke pihak Dewan seyokyanya RAPBD 2008 disosialisasikan dulu kepada masyarakat agar masyarakat tahu jelas penggunaan dana tersebut,” Ir JWT Lengkey DPRD Tomohon

TOMOHON—Lambatnya kinerja Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam memasukan lampiran nota keuangan untuk ditetapkan sebagai APBD 2008 mendapat respon dari kalangan legislator.
Menurut salah satu pentolan fraksi PDI-P Ir JWT lengkey, sebelum pemandangan umum fraksi tentang RAPBD 2008 dilaksanakan masih perlu diadakan sosialisasi kepada masyarakat sebagai amanat Permendagri nomor 13 tahun 2006 pasal 103 yang merupakan prasyarat sebelum dokumen tersebut diserahkan ke DPRD.
’’RAPBD harus disosialisasikan Sekot setelah dibahas TAPD yang merupakan kumpulan RKA dari berbagai SKPD sebagai wujud tahapan dari butir 4 ayat 3 dari materi III tehknis penyusunan APBD dalam lampiran Permendagri 30 tahun 2007 sebagai pedoman APBD tahun anggaran 2008 ,” tukasnya.
Selain itu kata Lengkey, karena RAPBD 2008 harus berorientasi pada anggaran berbasis kinerja yang mementingkan kepentingan masyarakat banyak dan penggunaanya harus jelas kuantitas dan kualitas yang terukur sebagai representasi kinerja serta target yang di harapkan.
‘’Sebelum diajukan ke pihak Dewan seyokyanya RAPBD 2008 disosialisasikan dulu kepada masyarakat agar masyarakat tahu jelas penggunaan dana tersebut,” ungkap pria yang getol memperjuangkan aspirasi rakyat dikota bunga.(old)

AIR BERSIH , Pemkot Beli 5 Mobil Tangki

AKIBAT kontribusi air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sering ngadat bahkan belum bisa diperoleh oleh seluruh lapisan masyarakat, Pemerintah kota mulai mengambil jalan pintas. Sebanyak 5 unit mobil tangki air dibeli oleh Pemerintah kota guna memenuhi kepentingan serta kebutuhan masyarakat. Pantauan wartawan koran ini kelima mobil tangki air tersebut belum digunakan bahkan masih dipajang di halaman kantor Wali kota.
Menurut warga, buat apa mengeluarkan dana besar kalau mobil tangki air itu hanya sekedar dipajang alias tidak di manfaat semaksimal mungkin. ’’Cepat jo gunakan itu mobil tangki air jangan sampe mubasir,” ucap mereka. Wali kota melalui kabag humas dan protokoler Drs Oktavianus Mandagi mengaku mobil ini baru diambil dan belum bisa digunakan.(old)

PENDIDIKAN, 2008, Dapat Buku Gratis
JANJI muluk-muluk terus diobral oleh Pemerintah kota guna menarik simpati rakyat. Menurut Wali kota Jefferson Montesque Rumajar SE melalui Kepala dinas pendidikan kota Tomohon Fentje Goni SH, tahun 2008 merupakan tahun keberutungan bagi ribuan murid di daerah ini. Pasalnya sebanyak 20 ribu murid yang sedang mengecap pendidikan dari SD sampai SMA akan memperoleh buku tulis secara gratis. ’’Tahun 2008 semua murid yang tergolong kurang mampu akan memperoleh sepuluh buku tulis gratis,” tukas Gonie.(old)

CHRISTMAS , Makin Terasa

NUANSA natal mulai terasa di kota bunga. Pantauan wartawan koran ini, sejumlah ornament natal seperti pohon natal, santa claus, plus pernak-pernik natal telah menghiasi sejumah tokoh yang berada di kawasan pusat kota. Bukan cuma itu saja, berbagai jenis kartu natal dijual diberbagai tokoh dengan harga 2 ribu sampai 3 ribu. ’’Jelang natal berbagai ornamen natal ikut dipajang di berbagai sudut tokoh,” ujar Lifka salah satu pembeli hiasan natal yang dijumpai di Grand Central, kemarin.(old)

Tidak ada komentar: